BPOM Konfirmasi Vitamin Anak Curcuma Plus Aman Dikonsumsi

BPOM Konfirmasi Vitamin Anak Curcuma Plus Aman Dikonsumsi

Masih hangat di telinga kita, beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menginstruksikan para tenaga kesehatan untuk tidak meresepkan obat dalam bentuk sirup. Hal tersebut karena obat sirup yang diduga menjadi penyebab Acute Kidney Injury (AKI) atau gagal ginjal akut pada anak (GGAPA) di Indonesia. Kasus yang menyerang anak berusia 6 bulan-18 tahun ini, berawal dari 2 kasus di bulan Januari dan semakin bertambah hingga total 324 kasus yang mana 200 kasus tercatat meninggal dunia per 13 Desember 2022. Penyebab di balik fenomena mengerikan ini pun dicurigai berasal dari kandungan cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) dalam obat sirup.

Dengan terjadinya kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak ini, banyak orang tua, khususnya mereka yang memiliki balita, mengaku bingung dan merasa khawatir dengan dikeluarkannya imbauan tersebut. Bagaimana tidak? Obat dalam bentuk sirup selalu jadi cara terbaik untuk mengobati anak yang sedang sakit. Selain rasanya yang manis, obat jenis sirup juga mudah dicerna. Lalu, mereka pun mulai berpikir harus bagaimana jika anak sakit dan tidak boleh mengonsumsi obat sirup? Upaya apakah yang bisa dilakukan?

Menanggapi hal itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan berbagai langkah terkait obat sirup untuk anak yang berisiko mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG). BPOM juga telah merilis sekaligus rutin meng-update daftar obat sirup anak yang aman terhadap risiko cemaran EG dan DEG.

https://lh3.googleusercontent.com/k8tuvx9ayXmWMtp_AF9qQI_DCPyOMRhWKBIsVjFnI4Jgx-ca8dEEiu1BE5oTjCun3CjeTaUXpuYox-eEp4vrNKpLGayX5OLzodQ6Eb__uaBwZZPu8AIXK9wCEF84EyUhwwnXP2DJvGAlt0tBpYq95bRIzissF1eyflFwrNOrPLw8XyIFKhi4YquE2sisqQ

BPOM Menyatakan Seluruh Produk Curcuma Plus Aman Dikonsumsi Anak-Anak

Sejak tahun 1995, Curcuma Plus telah berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan vitamin anak dan dipercaya oleh para Ibu Indonesia sebagai vitamin pendukung tumbuh kembang dan nafsu makan anak. Menggunakan bahan-bahan alami seperti temulawak organik, minyak ikan kod, madu, dan sari kurma yang aman dikonsumsi setiap hari oleh anak.

Produk vitamin anak Curcuma Plus diproduksi dengan metode Seed to Patient (S2P) mulai dari pembibitan, penanaman, proses ekstraksi oleh para ahli, produksi menggunakan mesin canggih berkualitas tinggi, proses distribusi dengan quality control yang ketat, hingga bisa sampai ke konsumen dengan aman. Seluruh prosesnya dikontrol secara ketat oleh SOHO Center of Excellence in Herbal Research (SCEHR). SCEHR sendiri didirikan untuk berfokus pada penelitian dan budidaya temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb). Karena itu prosesnya dapat dikontrol untuk memastikan kualitas produk selalu konsisten dan terjaga.

Proses quality control telah dilakukan SOHO Global Health sejak pemilihan bahan baku. Bahan baku hanya dibeli dari vendor yang sudah dikualifikasi dan disetujui oleh bagian quality assurance. Selanjutnya, setiap bahan baku yang diterima dari vendor dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur dan spesifikasi yang ditetapkan dan disetujui, termasuk dilakukan uji identifikasi dari setiap wadah untuk memastikan keaslian bahan baku yang diterima. Hanya bahan baku yang sudah dirilis oleh bagian quality control yang dapat digunakan untuk produksi oleh SOHO Global Health.

Selama proses produksi dilakukan, SOHO juga melakukan pemeriksaan in process control dan pengujian quality control, yang bertujuan untuk memastikan kualitas produk yang dihasilkan memenuhi spesifikasi yang ditetapkan.

Terkait keamanan produk Curcuma Plus, sebagaimana telah dikonfirmasi oleh BPOM melalui surat B-PW.02.04.4.43.12.22.995 tanggal 26 Desember 2022 (terkait keterangan produk yang telah diverifikasi BPOM), seluruh produk sirup Curcuma Plus aman digunakan untuk anak-anak sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan. Baca surat resmi dari BPOM di sini.



Surat izin edar tersebut diperoleh usai BPOM melakukan verifikasi terhadap hasil pengujian bahan baku, produk jadi sirup atau cairan obat dalam, serta informasi terkait lainnya yang diperlukan untuk pemastian pemenuh standar, mutu, keamanan dan khasiat obat tradisional/suplemen kesehatan secara konsisten oleh pelaku usaha. Dalam surat BPOM tersebut, disebutkan bahwa verifikasi dilakukan berdasarkan pemenuhan beberapa kriteria, antara lain kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku, serta metode pengujian yang mengikuti standar/Farmakope terkini.

Sehingga Mama sudah tidak perlu khawatir lagi untuk memberikan vitamin anak Curcuma Plus setiap hari yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak, menjaga daya tahan tubuh dan juga memperbaiki nafsu makan. 

Nah, Vitamin Anak Curcuma Plus ini memiliki 6 varian lengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak ya Ma: 

  1. Untuk Pertumbuhan & Perkembangan Otak Anak ada Curcuma Plus Grow Emulsion yang mengandung minyak ikan kod, kalsium, vitamin D dan temulawak organik.  Tersedia juga dalam bentuk tablet hisap yaitu Curcuma Plus Go Talz!

  2. Madu Untuk Daya Tahan tubuh anak dengan madu alami ada Curcuma Plus Honey Vit mengandung madu, minyak ikan kod, temulawak organik, vitamin C dan sari kurma. 

  3. Untuk mendukung Kecerdasan dan Pencernaannya ada Curcuma Plus Sharpy dengan kandungan Prebiotik FOS, Omega 3, vitamin dan temulawak organik.

  4. Untuk tambahan Asupan Sayur Buah ada Curcuma Plus Fruit & Veggie dengan kandungan ekstrak 11 sayur buah dan temulawak oganik.

  5. Untuk vitamin daya tahan tubuh ada Curcuma Plus Imuns dengan Echinacea dan Temulawak Organik, Vitamin A dan B Kompleks.

  6. Untuk memperbaiki nafsu makan berikan Curcuma Plus Appetite dengan Lysine, Temulawak Organik dan Vitamin B Kompleks.

Tak hanya vitamin, Curcuma Plus juga tersedia Susu Pertumbuhan Anak untuk Memperbaiki Nafsu Makan dan melengkapi nutrisi si Kecil di masa tumbuh kembangnya.

Ayo, dukung anak tumbuh hebat dengan memberikannya vitamin anak Curcuma Plus setiap hari! Beli sekarang di E-Commerce, apotek atau toko kesayangan Mama!

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya