Si kecil susah makan, Bu? Coba resep masakan untuk anak yang susah makan dan ikuti tips berikut.

Kreasi Resep Masakan untuk Anak yang Susah Makan

Bingung menentukan resep masakan untuk anak yang susah makan saat si kecil menolak untuk memakan hidangan yang sudah Ibu siapkan? Rasanya galau dan bingung ya, Bu? Ibu mungkin kehabisan ide, bingung memikirkan cara dan trik yang harus Ibu lakukan agar si kecil mau makan untuk mendapatkan nutrisi yang dia butuhkan untuk tumbuh kembangnya. Ibu juga perlu lebih jeli membuat kreasi resep masakan untuk anak yang susah makan agar si kecil mau menyantap hidangan Ibu.

Mengatasi si kecil yang tidak mau makan atau suka pilih-pilih makanan memang butuh usaha dan kesabaran ekstra. Tapi demi memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil, Ibu tak boleh menyerah. Ada banyak resep masakan untuk anak yang susah makan yang bisa Ibu coba. Selain itu, coba pula beberapa trik berikut ini yang bisa Ibu lakukan agar si kecil mau makan.

1. Beri kendali pada si kecil
Beri pilihan pada anak dan biarkan dia memilih hidangan yang dia inginkan. Ibu juga bisa mengajak si kecil mengatur menu selama 1 minggu. Agar anak lebih tertarik, ajak dia mencari resep makanan sehat di buku masak atau di internet, lalu biarkan dia memilih beberapa hidangan untuk menu selama beberapa hari ke depan.

2. Biarkan anak ikut memasak di dapur
Anak akan lebih tertarik untuk menikmati hidangan yang ia siapkan sendiri. Karena itu, Ibu bisa mengajak si kecil untuk ikut membantu Ibu di dapur. Beri tugas yang sederhana dan sesuai dengan umur si kecil, misalnya mencuci sayuran, menimbang bahan masakan, dll. Ibu juga bisa mengajak si kecil berbelanja di pasar dan memilih bahan makanan bersama-sama.

3. Buat hidangan dengan tampilan yang menarik
Hidangan tentu akan terlihat lebih lezat bila disajikan dengan tampilan yang menarik. Ibu bisa membuat sandwich yang dipotong dengan cetakan kue untuk membuat berbagai bentuk yang lucu. Ibu juga bisa membuat sajian yang menarik dengan saus celupan atau saus olesan yang lezat dan sehat.

4. Sembunyikan sayur dalam hidangan
Kalau si kecil benar-benar tidak mau makan sayur, Ibu bisa menyembunyikan sayuran dalam hidangan yang Ibu siapkan. Misalnya, kalau Ibu membuat spaghetti, Ibu bisa menambahkan wortel yang diparut ke dalam saus daging untuk spaghetti.

Berdasarkan trik di atas, bisa disimpulkan bahwa resep masakan untuk anak yang susah makan tak hanya harus menarik, tapi juga sederhana, sehingga si kecil bisa ikut membantu Ibu menyiapkan hidangan tersebut. Selain itu, Ibu juga harus kreatif mengkreasikan resep agar jadi lebih menarik bagi anak.


Resep Masakan untuk Anak Susah Makan Sayur

Beberapa kreasi resep masakan untuk anak yang susah makan berikut ini bisa jadi pilihan Ibu:

 

1. Italian Chicken Fingers
Anak yang susah makan pun biasanya menyukai daging ayam. Daripada si kecil makan nugget ayam terus, Ibu bisa mencoba resep Italian Chicken Fingers ini. Cara membuatnya, celupkan daging ayam tanpa tulang yang sudah dipotong memanjang ke dalam telur kocok. Setelah itu, masukkan daging ayam tersebut ke dalam kantung plastik berisi campuran tepung roti, keju parmesan, dan sedikit garam. Kocok kantung secara perlahan agar seluruh permukaan daging ayam terlumuri oleh campuran tepung roti. Setelah itu, panggang daging ayam dalam oven bersuhu 200 C selama sekitar 20 menit.
Si kecil yang pilih-pilih makanan pun akan menyukai resep ini. Selain itu, resep ini cukup sederhana sehingga si kecil bisa membantu Ibu menyiapkannya.


2. Apel Panggang
Resep ini merupakan salah satu contoh resep camilan sehat yang mudah dibuat untuk anak. Rasanya manis alami, sehingga pasti disuka oleh anak-anak. Kalau si kecil tidak mau makan buah, resep ini bisa Ibu coba siapkan untuknya. Ibu hanya perlu memotong apel dan menaburi sedikit gula Jawa dan kayu manis bubuk di atas potongan apel tersebut. Setelah itu, panggang apel dalam oven bersuhu 175 C selama sekitar 30 menit hingga apel menjadi empuk. Camilan sehat pun siap disajikan. Alternatif yang jauh lebih sehat dibandingkan camilan dalam kemasan, kan?

3.Moussaka
Sajian dari Yunani ini sekilas mirip lasagna. Bedanya, Moussaka menggunakan kentang dan terong. Dipadu dengan saus keju dan daging cincang, sajian ini pas jadi resep masakan untuk anak susah makan sayur. Si kecil juga bisa membantu Ibu mengatur lapisan terong dan kentang di loyang.

Untuk membuat Moussaka, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan daging cincang. Setelah itu, tambahkan pasta tomat, potongan tomat yang telah dikupas dan dibuang bijinya, merica, garam, peterseli, seledri, dan oregano. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

Tahap selanjutnya adalah membuat saus keju. Untuk membuatnya, panaskan mentega tawar lalu masukkan tepung dan aduk hingga kecokelatan. Tambahkan keju, susu, garam, merica, dan kayu manis bubuk. Aduk cepat dengan pengocok hingga mengental, lalu angkat dan sisihkan.

Tahap terakhir adalah mengatur terong dan kentang dalam loyang atau pinggan tahan panas. Atur kentang yang telah dipotong melintang dan digoreng setengah matang hingga menutupi dasar loyang. Setelah itu, atur potongan terong di atas kentang, dan padatkan. Tuangkan sebagian campuran daging ke atasnya, lalu ratakan. Setelah itu, tuangkan sebagian saus keju, lalu ratakan. Kemudian taburi dengan parutan keju mozzarella. Ulangi proses di atas untuk membuat lapisan berikutnya dengan urutan yang sama: kentang, terong, daging, saus keju, dan keju mozarella parut. Setelah siap, panggang moussaka dalam oven bersuhu 180 C dengan api atas selama sekitar 20 menit hingga bagian atasnya berubah warna menjadi kecokelatan. Moussaka lezat dan sehat pun siap disajikan.

Ada banyak resep masakan yang bisa Ibu coba dan kreasikan untuk menarik si kecil yang susah makan. Dengan berbagai kreasi masakan ini, semoga si kecil bisa mendapatkan nutrisi yang dia butuhkan untuk tumbuh kembangnya. Jangan lupa untuk memberi pujian pada si kecil yang mau makan sayur, sehingga dia mengerti bahwa Ibu menghargai usahanya dan lama kelamaan si kecil akan menyukai sayur. Selamat mencoba!

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya