Macam-macam Kemampuan yang Dimiliki Anak Usia 1 Tahun

Macam-macam Kemampuan yang Dimiliki Anak Usia 1 Tahun

Tahukah Mama? Anak mempunyai ciri khas, yaitu tumbuh dan berkembang sejak saat konsepsi sampai berakhirnya masa remaja. Dalam hal ini, proses tumbuh kembang yang optimal sangat menentukan kualitas dari anak itu sendiri. Setiap tahap perkembangan anak merupakan hal krusial yang sayang untuk dilewatkan loh, Ma. Biasanya, ketika anak mencapai usia tertentu, maka akan diikuti oleh kemunculan kemampuan-kemampuan baru yang membuat kita merasa waktu berlalu begitu cepat. Tapi, apa saja sih kemampuan yang dimiliki anak usia 1 tahun? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kemampuan motorik kasar

Mengutip sebuah jurnal studi, perkembangan motorik kasar anak usia 1 tahun melibatkan otot-otot besar yang mencakup perkembangan gerakan kepala, badan, anggota badan, pergerakan, dan keseimbangan. Di usia ini, anak sudah mampu berdiri, bahkan berjalan sendiri. Akan tetapi, pada usia ini anak cenderung lebih berhati-hati dalam mengasah perkembangannya, kadang ia memiliki kemampuan motorik yang cenderung lebih lama, Ma. Jadi, Mama tidak perlu khawatir jika anak masih belum menunjukkan tanda-tanda ingin berjalan. Sebab, memang biasanya pada perkembangan anak usia 1 tahun ini beberapa sudah mampu berjalan sendiri.

Pada masa perkembangan ini, Mama bisa membantunya dengan terus menstimulasi anak untuk berjalan. Caranya yaitu ajak anak sering berjalan dengan berpegangan. Kalau anak sudah mulai menunjukan keberaniannya untuk melepas pegangan, coba Mama lepas pelan-pelan saja, ya. Lalu, saat anak sudah bisa berjalan satu atau dua langkah tanpa berpegangan, Mama beri pujian dan berikan ia semangat.

Kemampuan motorik halus

Pada masa perkembangan anak usia 1 tahun biasanya sudah mampu meraih atau mengambil benda di sekitarnya. Ia juga sudah mampu menggenggam benda di tangannya, namun masih butuh waktu untuk belajar memasukkan balok ke dalam wadah dengan benar. Mengutip dari Healthy Children, tumbuh kembang anak di usia 1 tahun ini juga terlihat saat ia sudah bisa meniru gerakan orang dewasa. Selain itu, terlihat pula saat ia menggunakan benda dengan benar.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Kemampuan anak usia 1 tahun berikutnya yaitu lebih aktif berbicara. Walaupun kata-kata yang diucapkan masih belum cukup jelas, tapi Mama akan mulai melihat perubahan nada saat ia berbicara. Kadang bisa naik, kadang juga bisa turun untuk mempertegas suatu pernyataan. Si kecil bisa berbicara selama beberapa detik seolah sedang berusaha memberi tahu sesuatu. Meski Mama tidak mengerti apa yang disampaikannya, tapi Mama bisa menunjukkan ekspresi tertarik dengan apa yang ia sampaikan dan katakan, “Wow kamu hebat, ya!” sebagai tanda dukungan agar anak merasa senang dengan pencapaiannya.

Kemampuan sosial dan emosional

Saat menginjak usia 1 tahun, anak akan semakin lancar melemparkan senyumnya saat diajak bicara oleh orang lain walaupun sebagian anak ada juga yang merasa malu dan khawatir saat bertemu orang baru. Pada masa perkembangan ini, anak juga dapat melambaikan tangan untuk menyampaikan salam perpisahan dan mampu mengutarakan keinginannya terhadap suatu hal. Kalau mempunyai sifat yang cukup peka, ia juga bisa merasakan kesedihan dan kebahagiaan dari orang terdekatnya. Selain itu, tumbuh kembang lainnya yang dapat terlihat dari si kecil yang berusia 1 tahun yaitu ia juga sudah semakin banyak bermain dengan mainannya dan mencoba makan sendiri tanpa harus Mama bantu.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya?

Hal yang perlu Mama lakukan untuk membantu perkembangan atau tumbuh kembang anak usia 1 tahun, yaitu pastikan ia berada di lingkungan yang aman untuk mempraktikkan keahlian barunya. Jika pada pertumbuhannya tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan anak secara khusus. Akan tetapi, jangan ragu untuk tetap berkonsultasi dengan dokter ya, Ma. Terutama jika ada masalah pada pertumbuhan serta perkembangannya.

Hal lain yang bisa Mama lakukan untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia 1 tahun yaitu dengan memberinya multivitamin tambahan setiap hari, seperti Curcuma Plus Grow yang mengandung kalsium, vitamin D, minyak ikan kod, temulawak, vitamin A serta vitamin B kompleks. Kombinasi ini sangat berguna untuk membantu Mama dalam memenuhi kebutuhan vitamin di masa pertumbuhan agar tumbuh kembang dan perkembangan otaknya optimal sehingga ia dapat mempelajari kemampuan baru dengan cepat.

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya