3 MANFAAT TIDUR LELAP UNTUK ANAK

 

Tidur lelap adalah fase tidur terbaik dengan banyak manfaat. Ciri tidur lelap antara lain mata tak bergerak cepat, napas teratur, suhu tubuh serta tekanan darah pun menurun. Mengapa anak perlu tidur lelap, ini alasannya:

  • Tidur lelap dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitiannya ada di jurnal SLEEP pada 2012. Sampel penelitian diperiksa kondisi darah putihnya dalam keadaan cukup tidur dan kurang tidur. Para peneliti mendapati perubahan terbesar terdapat pada sel-sel granulosit darah yaitu sel pertahanan tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi bakteri. Orang dengan kadar granulosit rendah rentan untuk terserang penyakit-penyakit infeksi. Pada kondisi kurang tidur kadar sel-sel granulosit didapati menurun tajam, dibandingkan sel-sel darah lainnya.
  • Tidur lelap juga penting bagi perkembangan otak anak untuk membentuk jejaring sel saraf yang telah dimulai sejak dalam kandungan. Hal ini pernah disampaikan DR. D.A. Janneke Dijck-Brouwer, dari University Medical Center Groningen, Netherlands.
  • Saat tidur, sel-sel yang rusak akan tergantikan oleh yang baru dengan meregenerasi dan membentuk sel baru. Setiap hari ada sel-sel mati, jumlahnya tertentu dan diregenerasi dengan sel-sel baru. Keseimbangan antara sel-sel mati dan sel-sel tumbuh perlu dijaga. Tanpa regenerasi sel, fungsi organ akan turun.